Kamis, 29 Desember 2011

buat mayonaise yuk...!!! by mb Nurul

Buat para ummahat atau akhwat yang doyan membuatkan si buah hati atau bapaknya si buah hati makanan seperti burger atau salad buah yang proses pembuatannya membutuhkan bahan mayonnaise tanpa harus membeli di supermarket atau minimarket dan juga untuk menghindari keluarga tercinta kita dari bahan pengawet yang terdapat di dalam mayonnaise buatan pabrik, ada baiknya kita buat sendiri di dapur rumah kita. Yuk kita mulai…

Bahan :
2 butir kuning telur
1 sdt mustard bubuk/ saus mustard
Garam secukupnya
Merica hitam secukupnya
280 ml minyak zaitun
1 sdm air jeruk lemon
1 sdm air panas

Cara membuat :
            Kocok kuning telur, mustard, garam, dan merica dengan mixer (kecepatan rendah). Tetap pada kecepatan rendah, masukkan minyak zaitun setiap kali ¼ sendok teh. Lanjutkan sampai adonan mengental.
            Setelah itu minyak zaitun bisa dimasukkan lebih banyak berupa arus kecil yang turun perlahan diselingi air jeruk lemon. Cara yang paling mudah adalah dengan memasukkan minyak zaitun dalam botol saus yang berlubang kecil. Jika saus terlalu kental masukkan sedikit air panas, aduk sampai kekentalannya cukup, dinginkan, mayonnaise bisa disimpan dalam lemari es untuk mempertahankan keawetannya.
Selamat mencoba…
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar